Kamis, 10 Oktober 2013

Kejamnya Narkoba Bagi tubuh Kita

            Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Narkoba adalah bahan atau zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia baik secara oral/ diminum, dihirup maupun disuntikkan dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang.
                        Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 22 tahun 1997). Yang termasuk jenis narkotika adalah:
·         Tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgonina, tanaman ganja, dan damar ganja.
·         Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina, serta campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut di atas.
                        Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. 5/1997). Zat yang termasuk psikotropika antara lain:
Sedatin( Pil KB ), Rohypnol, Magadon, Valium, Mandarak, Amfetamine, Fensiklidin, Metakualon, Metifenidat, Fenobarbital, Flunitrazepam, Ekstasi, Shabu-shabu, LSD( Lycergic Alis Diethylamide ).
            Bahan Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yand dapat dipakai sebagai pengganti morfin atau kokain yang dapat mengganggu sistem syaraf pusat, seperti :
Alkohol yang dapat mengandung ethyl etanol, inhalen/ sniffing ( bahan pelarut ) berupa zat organik ( karbon ) yang mrnghasilkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman yang beralkohol atau obat anaestetik jika aromanya dihisap. Contoh : lem/perekat, aceton, ether, dsb.
Jenis narkoba menurut efeknya
Dari efeknya, narkoba bisa dibedakan menjadi tiga, yaitu :
1)      Depresan, yaitu menekan sistem syaraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh sehingga pemakai merasa tenang, bahkan bisa membuat pemakai tidur dan taq sadarkan diri. Bila berlebihan dosis bisa mengakibatkan kematian. Jenis narkoba depresan antara lain opioda dan berbagai turunannya seperti morphin dan heroin. Contoh yang populer sekarang adalah putaw.
2)      Stimulan, yaitu merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. Jenis stimulan : Kafein, Kokain, Amphetamin. Contoh yang sering dipakai adalah shabu-shabu dam ekstasi.
3)      Halusinogen, yaitu mengubah daya prepersi atau mengakibatkan halusinasi/ berhayal. Halusinogen kebanyakan berasal dari tanaman seperti mescaline dari kaktus dan psilocybin dari jamur-jamuran. Selain itu ada juga yang diramu di labolatorium seperti LSD. Yang paling banyak dipakai adalah marijuana atau ganja.
Bahaya yang ditimbulkan akibat pemakaian narkoba
             
a)      Ganja/Mariviana/ Kanabis Satiuan (Halusinogen)
            Ganja yang dikenal juga bernama Cannabis Sativa pada mulanya banyak digunakan
Sebagai obat relaksan untuk mengatasi intotsikasi (keracunan ringan). Bahan yang digunakan dapat berupa daun batang dan biji. Namun kemudian disalah gunakan pemakaiannya.
Bahaya yang ditimbulkan akibat pemakaian ganja :
1. Gembira berlebihan, kalau dipancing ketawa ia akan ketawa berkepanjangan. Walau tidak ada yang merasa lucu.
2. Merasa percaya diri, tidak peduli terhadap lingkungan
3.  Nafsu makan bertambah besar sedangkan bekerja malas, sehingga tubuh menjadi kurus kering.
4.  Egonya tinggi, merasa dirinya perlu dilebihkan.
5. Tidak ada sopan santun baik di dalam atau di luar rumah.
6. Terkadang mata sayu, merah melotot, penglihatan kabur dan jalan sempoyongan.
7. Bila berada sendirian mengalami halusinasi (menghayal)
8. Banyak keringat, mual-mual, muntah, mencret dan terkadang susah tidur.
b)     Morfin
            Morfin merupakan turunan opium yang dibuat dari hasil getahoppy (papaver sosmari, forum)dengan bahan kimia lain, sifatnya jadi semi sentetik.
Bahaya yang timbul akibat pemakaian morfin
1. Dapat menekan kegiatan system saraf.
2. Memperlambat pernafasan dan detak jantung
3. Memperbesar pembuluh darah
4. Mengecilkan bola mata
5. Adanya perasaan mual²mual dan muntah-muntah bagi korban pemula. Bila OD dapat merenggut nyawa.
6. Mengganggu kerja organ tubuh seperti jantung, lever, paru-paru, ginjal dan usus.
c)      Heroin
            Heroin ini merupakan turunan morfin yang sudah mengalami proses kimiawi. Pada mulanya heroin ini digunakan untuk pengobatan ketergantungan morfin, tetapi kemudian terbukti, bahwa kecanduan heroin justru lebih hebat. Morphin atau heroin disebut juga putaw. Bahaya yang ditimbulkan akibat pemakaian heroin sama juga hal dengan bahaya morfin.
d)     Kokain
Adapun bahaya yang timbul akibat pemakaian kokain :
1.         Dapat menyababkan paranoid.
2.    Halisinasi serta berkurang percaya diri.
3.    Merusak susunan saraf di otak.
4.    Dapat memperburuk sistem pernafasan.
5.    Apabila terjadi OD dapat menyebabkan kematian.
e)      Shabu
                                Zat yang tidak berbau dan bening ini merupakan komoditas baru yang sedang trend dan laris .Dalam dunia kedokteran disebut juga istilah Methain Fetamine yang masih saudara kandung ecstasy.
Bahaya yang timbul akibat menggunakan shabu :
1. berat badan menyusut
2. kejang-kejang
3. kerusakan ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar